Tentengan..

Standard

Yang diharepin tiap orang baik keluarga, tetangga,temen, pacar kalo pulang dari luar kota adalah oleh-oleh. Kalo pulang ngga bawa tentengan itu rasanya kayak dipelototin orang sekelurahan, disindir tiap ketemu..ahh banyak deh  *lebaymodeon.

Nah, tiap daerah itu pasti punya sesuatu yang khas baik makanan, kerajinan, pakaian, dll buat dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Kayak pas jaman saya kuliah dulu, awal-awal semester, di jogja lagi ngehits banget kaos dagadu. Kebanyakan para pelancong yang dateng ke jogja wajib mampir ke dagadu. Sampe-sampe kaos KW nya bermunculan dimana-mana. Lain kota, lain tentengannya, kalo di lombok terkenal ama batu cincinnya (haduh lupa namanya) selain agar rumput lautnya lhoh. Soalnya udah 2 kali ke lombok, drivernya selalu bawa kami ke souvenir itu. Ada yang murah, adapula yang mahalnya selangit.

Nah, oleh-oleh yang terus berinovasi adalah makanan. Dulu di bogor belum ada oleh-oleh lapis bogor, adanya cuma roti unyil. Di surabaya juga belum ada green tea crispycheese, adanya cuma kripik tempe, sambel bu rudi, petis. Di bandung belum ada tahu jeletot, favoritnya baru kartika sari ama brownies amanda. Dulu di balijuga cuma terkenal ama kacang balinya  en baju” di pasar sukawati, sekarang ke bali wajib beli pie susu. Hmmm…

Terus berinovasi menciptakan produk baru yang tadinya belum populer bahkan memang belum tercipta menjadi suatu produk unggulan.. Hedehhh, mulai ga suka ni..lama-lama jadi serius nulisnya…(delete).

Nulis topik ini gara-gara liat ibu yang duduk di sebelah saya bawa lapis bogor, itu kan enak bangetttt. Secara tadi di kantor juga kebagian makan lapis bogor juga. Saya kan jadi kepengeennnn. Padahal lapis bogor kan bahannya utama ubi doang, sederhana, tapi ga semua orang bisa menciptakan ide untuk mengolah ubi yang notabene makanan ndeso menjadi makanan berkelas.

Udah ah ngemengnya, mau browsing resep lapis bogor dulu…hehehe

Nasi kuning tawar

Standard

Seumur-umur belum pernah bikin nasi kuning, nasi uduk, atau nasi2 beraroma semacamnya, kecuali masi goreng yak. Nah, terbesit hari ini pengen nyoba bikin nasi kuning, gegara bellatrix temen kantor bawa bekel nasi kuning lengkap ama lauknya (telor dadar iris, tempe balado, ayam goreng). Kebetulan malam sebelumnya nasi putih udah abis, jadi rice cooker bisa kerja esok paginya buat nasi kuning.

Pagi-pagi bangun nyiapin bahannya, yang berdasarkan mbah google cuma kunyit, sereh, salam, daun pandan,santan ama garem..it’s so simple, isn’t it? Rice cooker udah dinyalain dan siap bekerja.. Hmmm…baunya harum banget..asliii enak buanget baunya…hehehe.

Penasaran pengen nyicip..masih ngebul panas pastinya….warna kuningnya udah pas..ga pucet, ga terlalu nyolok kuningnya…sekarang rasanya…jreng…jrenggg…kok rasanya kayak nasi putih ya…hmmm kurang garem nih…(sambil buka toples isi garem) ambil sejumput garem ditaburin di nasinya, trus diasuk-aduk lagi..wkwka sebenernya itu cara bar bar ya. Nasi kuning pertama saya kurang garem hiks hiks,jadinya berasa tawar alias ga gurih blas. Padahal lauknya cuma telor dadar iris, kacang goreng, ama timun.

Ya sudahlah, next time must be better ya…untuk sekarang udah cukuplah, padahal bikinnya 4 gelas takar alias lumayan banyaakkkkkk.. Hari sabtu besok bisa dicoba lagi buat nasi uduk atau kuning lagi dengan lauk yang enyakkk.

Bakmi godog jogja

Standard

Di deket bulakapal, bekasi timur ada bakmi jowo khas gunung kidul, rasanya lumayan tapi mienya gede” ga ada yg kecil,apalagi kalo mau pake bihun harus request dulu.

Awal bakmi jowo itu ada, bangunannya ga permanen dan cuman di emperan bangunan kosong. Buka pun ga tiap hari,jadi bikin jengkel yang mo beli, terkadang bisa seminggu ngga jualan.

Karena banyak pelanggan, alias laris..si bakmi jowo itupun naik kelas. Mereka sewa kios kosong dan direnovlah tempat itu, dipasang tv lah, tempat lesehan, dan nambah pegawai. Makin kesini,makin laris buktinya mereka buat bangunan semi permanen dari bambu, pegawainyapun nambah jadi 3 orang. Wooow…

Hobi saya kan ngitungin keuntungan orang lain, kalo dikalkulasi, per porsi mie jowo 12000,perhari (sore-malem) 50 piring. Total 600000 kotor ya. Dikali sebulan jadi 18000000..gimana ga menggiurkan tuh… Jadi, gimana ga mencoba bisnis kuliner aja…

Jualan

Standard

Lagi pengen dagang makanan ni, mumpung hasrat lagi menggebu- gebu. Iseng- iseng bawa amris ke kantor en dapet respon bagus.

Karena ada 2 krucil, otomatis sempet sibuk di dapurnya hari libur aja, bikin kulit sabtu n minggu.

Minggu depannya bawa amris frozen 3 pack ( 1pack isi 4 biji, dijual 10rb). Saya post di grup whatsapp n sms temen juga, Alhamdulillah laku. Minggu berikutnya ada pesenan lagi 6 pack.. Seneng dapet duit dari jualan…soalnya udah bosen dapet gaji mulu.

image

Sekarang lagi cari olahan lain yang ngga bikin bosen en eneg. Cemilan yang ringan tapi harganya pas. Pengen nyobain bikin almønd chesee crips ato puding yang yummy ato chesee cake in jar gitu, yang menarik konsumen dari segi rasa n packagingnya juga.

Mangut lele

Standard

image

Orang jogja tapi belum pernah makan mangut lele. Pernah gabung di program kuliner, tapi juga belum pernah nyicipin..* sambil tutup mata…malu banget.

Penasaran pengen tau rasanya, iseng” bikin deh. Plek plek nyontek resep di atas. Dan hasilnya endang bambang gurindam. Sekarang udah beberapa kali buat, dan yang paling pas memang pake rasa pedes. Secara saya dan misua ga begitu suka pedes. Tapi pedes dikit masih masuklah.

image

Foto asli udah dihapus, untung di instagram masih ada.

Donat tanpa telur

Standard

Namanya masih amatir, coba resep sana sini, cari yang gampang dibuat. Saya buat donat bukan kentang, tanpa telur. Teksturnya lumayan lembut, setelah dingin ga begitu alot. Pokoknya danish n bapaknya doyan. Sekali buat bisa jadi 15 biji. Saya suka bikin adonan pagi setengah 6, jam 7 udah siap digoreng.

image

Bahan:
200gr terigu (pake terigu biasa yg di warung)
2 sdm gula pasir
1 sdt ovalet
1/2 sdt fermipan
125ml air
2 sdm mentega

Cara buat:
Campur semua bahan kecuali mentega. Uleni hingga agak kalis, masukkan mentega. Uleni lagi hingga kalis. Banting” 25x. Uleni lagi. Tutup adonan dengan serbet basah selama 1 jam. Kemudian bagi adonan jadi bulat” kecil, tutup serbet lagi 15 menit. Lubangi tengahnya dan ditutup lagi selama 10 menit.

Donat siap digoreng.

Selamat mencoba.

Pizza home made

Standard

Pizza ini adonannya gampang dibuat, ga pake telur, dan pasti jdi deh…saya suka banget pake resep resep simpel en anti gagal kayak gini.

Resep dari bunda nayla syahidah, baru sekali nyoba resep ini langsung jadi..cuma bentuknya ga bulet…

image

Bahannya:
200gr tep terigu ( saya pake protein tinggi)
2 sdm gula pasir
3 sdm skm
1 sdm fermipan
Air secukupnya
1 sdm mentega

Semua bahan dicampur, uleni hingga agak kalis, tambahkan mentega, uleni lagi sampe kalia, banting-banting. Diamkan sejam ditutup kain basah. Setelah sejam, adonan ditonjok, adonan dibagi 2, dibentuk bulat, diamkan lagi 15 menit. Diberi topping sesuai selera.

Oven suhu 160 derajat selama 15 menit. Pizza siap dihidangkan.