my new oven

Standard

Alhamdulillah, kesampain juga punya oven listrik. Baru kemaren beli di carrefour Ambasador dianterin mas Toso. Saya beli produk Kirin seri KBO-190RA seharga 498ribu plus biaya garansi di tahun kedua dari carefour sejumlah 50ribu.

Dibanding merk lain, oven ini punya daya listrik 400watt, kapasitas 19L, ada api atas, bawah, atas-bawah, pengatur suhu, timer hingga 60 menit, dan ada buat panggang ayam. Jadi promosi nih…

oven baru

Kegunaannya yang multi purpose ini bikin saya ga sabar buat nyobain resep lainnya.

Jadi keinget, sesuai petunjuk penggunaan oven, pertama kali harus di nyalain dulu tanpa isi, untuk ngeluarin bau cat dari dalam oven. Baru setelahnya saya pake buat manggang makaroni.

Pertama kali coba, kok ga berasa bau keju, panas juga enggak. Dicoba kedua kali..kok tetep ga nunjukin tanda-tanda panas, padahal suhunya udah aku naikin. Oalah.., ternyata listriknya mati..Saya nggak tau, apa pengaruh watt oven, atau bukan.

23 responses »

  1. permisi bu, numpang tanya ya. saya jg baru beli oven kirrin 190RA kemarin. cm, kok g ada buku petunjuknya ya? apa punya ibu ada? yang ada di saya cuma:
    – kartu garansi
    – katalog kirrin
    – 1 lembar petunjuk pemakaian
    – 1 lembar petunjuk rak utk ikan
    dilembaran petunjuknya tuh tdk ada info kalo pemakaian pertama hrs dipanaskan kosongan dulu. makanya, wktu saya baca review ibu kok ada info begitu. saya jd curiga kalo memang seharusnya ada buku-nya. terima kasih sebelumnya

    • waduh, telat banget nih balesnya…sama kok bu. saya juga cuman dapet 1 lembar petunjuk pemakaian dan petunjuk cara nge grillnya. emang pas beli udah dikasih tau sama pramuniaganya kalo pemakaian pertama harus dipanasin dulu 20 menitan, tujuannya untuk menghilangkan bau cat dan lainnya. daya listrik di tempat saya 900 watt, tapi ternyata kuat juga buat manggang pake api atas bawah, nyalain TV, n nyalain mixer..

  2. makasih sharenya bu, terutama tentang pemakaian pertama..
    aku juga beli tipe ini, baru aja di carrefour lebak bulus. sekarang harganya 510rb, biaya garansi kedua 69rb.
    udah dipake buat panggang apa aja mbak ? loyangnya pakai aluminium atau anti lengket mbak ?
    makasih..

    • wow…udah naik ya harganya…tapi aku liat2 emang kirrin wattnya yang paling rendah..Sekarang lagi belum bikin lagi, baru kelar pindahan rumah soalnya.terkahir bikin cake pisang aja…pengen bikin yang cheese cake gitu, tapi belum kesampaian…susah sih…hehehe

    • Kalo saya sih berdasarkan resep aja. biasanya kan ada aturan pake suhu berapa dan durasinya..kalo gagal misalnya gosong atw malah blm mateng,ya next trialnya diperbaiki.

  3. Sama mbak aku jg pny tp trnyata watt sbnrnya 800 yahh (gede jg) itu 400watt kl api bwh aja brarti 800watt kl api atas bwh, dirmumahku ga cukup krn aku msh ngontrak ga kuat listriknya hehehe pengen aku jual. Dan beli yg watt keci deh😦

  4. Mw tanya bu. Waktu bkin kue pake suhu brp? Brp mnt? Pnsny yg atas ato bwh? D rak kbrp? Kmrn saya bwt rainbow trnyta bantet, yg k2 pinggirnny trlalu kring.jd pts asa.baikny gmn y? Oia, ukurn loyang yg 25cm jg msk koq.

    • Dbiasanya siy 180 derajat.tp tiap jenis kue kan beda-beda.kalo saya pake api bwah,trus kalo udah mateng bwahnya,api atas saya nyalain. Sblum loyang kue dimasukkan,oven udah dpanasin dulu bu sktr 10menit sesuai suhu.

  5. Istri saya juga beli barang serupa dengan ibu di Carefour Puri Indah dan membayar perpanjangan garansi 2 tahun.

    SPGnya bilang jika dalam 1 atau 2 bulan barang rusak bisa diganti dengan yang baru karena SPGnya sendiri mempunyai pengalaman serupa.

    karena barang tersebut mengalami kerusakkan saya hubungi Hotline carefour puri indah dan ingin mengganti unit yang rusak tersebut dan ternyata pihak carefour bilang garansi tdk berlaku karena garansi toko hanya 2 minggu.

    kenapa SPG tidak memberitahukan ke konsumen malah promosikan pengalamannya tapi nyatanya saya claim tidak bisa.

    Sebagai konsumen saya merasa di tipu dengan janji janji SPG yang menjaga stand tersebut.

  6. MBk Nadia, mw nanya NIH…aq mw beli oven listrik, tp daya di rumah ku di Bagi 2 Antara ruang depan Dan ruang belakang. Jdi per ruang Dayanya Hanya 650watt. Kan oven listrik jarang Ada yg Dayanya 650watt. Bisa kasih tips ga klo panggang kue yg pke API atas API bawah gimana?thx

    • Aduh mb,udah lama saya ga ngcek blog nih..udah dpt jawabanny blm? Kalo daya listrikny ga cukup, diakalin aja dgn bbrp tahp. Oven pertama api bawah,bbrp menit kmdian pke api atas..

  7. Mb..aku beli oven listrik serupa tp berkali2 bikin kok..g jadi y..atasnya masih benyek..mohon penjelasan penggunaan simbol di selected power nya dunk..makasih

    • Aduh, maaf mb saya baru bales ni…pastiny sekarang udah terampil pake ovennya kan. Saya malah udah lama blm baking lagi. Ovennya dipanasin dulu mb, 15 menitan lah api atas bawah. Baru adonanny dimasukkan, tp api atasny dimatikan lagi.

Leave a Reply

